Coffee Morning serta Pembagian Sertifikat Tanah PTSL di Desa Air Sebakul, Disambut Baik Masyarakat

  • Whatsapp

Benteng, REALITASTERKINI.com – Kepala Desa Air Sebakul Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah, Titin Sumarni, bersyukur atas pembagian Sertifikat Tanah PTSL, kepada masyarakat karena telah berjalan dengan baik, hal itu disampaikan di ruang kerjanya Selasa (11/1/2022).

Titin Sumarni menyampaikan, ada 300 sertifikat tanah yang di bagikan kepada masyarakat Program Tahun Anggaran 2020-2021 dan semuanya berjalan sesuai dengan harapan.

“Pada kegiatan Coffeen Morning di Desa kita ini beserta penyerahan Sertifikat Tanah secara simbolis, dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Bengkulu Tengah beserta beberapa Anggota DPRD Benteng yang ikut pada penyerahan Sertifikat Tanah tersebut,” Jelas Kades Air Sebakul.

Lanjutnya mengatakan, tema pada kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah Cofee Morning kecamatan talang empat serta pembagian sertifikat PTSL kepada masyarakat.

“Pada kegiatan hari ini juga kebetulan telah dua tahun menjabat sebagai Kepala Desa Air Sebakul sekaligus syukuran atas kinerja selama ini yang telah berjalan dengan baik,” pungkas Kades Air Sebakul Sekalian tersenyum.

Untuk diketahui jelas Titin Sumarni, PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu.

Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat: sandang, pangan, dan papan. Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018.

Dalam rangka mendukung program strategis nasional khususnya kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), di mana pada 2025, Presiden RI Joko Widodo menargetkan semua bidang tanah di seluruh Indonesia harus sudah bersertifikat.

“Desa Air Sebakul merupakan salah satu Desa yang mengikuti program tersebut,” ujar Kepala Desa Air Sebakul Titin Sumarni, mengakhiri. (Sz).

Pos terkait

Umroh Tanpa DP