Desa Air Sebakul Gelar Musdes Penyusunan RKP TA 2023

  • Whatsapp

Benteng, REALITASTERKINI.com – Dalam rangka mempersiapkan program pembangunan yang akan dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2023, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Air Sebakul Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menyelenggarakan Musyawarah Desa (Musdes) untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2023. Kegiatan Musdes ini dilaksanakan di Balai Desa setempat. Senin, (22/8/2022).

Bacaan Lainnya

Kegiatan MUSDES ini dihadiri oleh Camat Talang Empat Siti Fatimah, Kepala Desa Air Sebakul Titin Sumarni, seluruh Kepala Dusun, Babinsa, Pendamping Desa dan masyarakat Desa Air Sebakul berlangsung khidmat.

Ketua BPD Desa Air Sebakul mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menampung aspirasi masyarakat Desa Air sebakul.

“Dalam segi fisik sektor pembangunan jalan, bangunan gedung yang segala prioritas di pemberdayakan,” ujarnya.

Kades Air Sebakul, Titin Sumarni.

Sementara itu, Kepala Desa Air Sebakul Titin Sumarni mengatakan rapat musdes hari ini menentukan untuk Anggaran tahun 2023, apa-apa saja yang akan dibangun.

“Dari kadun-kadun banyak kita tahu bahwa, dari tahun 2020 sampai sekarang dana Desa yang di salurkan oleh pemerintah pusat terserap oleh Covid-19. Jadi rancangan-rancangan yang akan dibangun di tahun-tahun sebelumnya itu terhenti. Baru dibuka kembali pada rancangan pada tahun 2023 yang akan datang,” jelas Kades Air Sebakul Titin Sumarni.

Lanjutnya mengatakan,  tanda-tanda terkait Wabah Penyakit Covid-19 hingga saat ini nampaknya tidak berlanjut terkait hal itu sekarang ini pihak Pemdes memprioritaskan bangunan-bangunan yang dirancang pada tahun sebelumnya.

“Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan apabila ada yang diusulkan pada tahun ini menurut masyarakat itu lebih penting dan lebih menguntungkan untuk masyarakat ya tidak perlu mesti tahun-tahun yang lalu yang akan dilaksanakan,” ujar Kades.

Kades menambahkan, yang utama di prioritaskan pada tahun 2023 ini yaitu membangun balai Desa. Menurutnya balai Desa saat ini sangat tidak layak sekali untuk ditempati karena bangunan sudah mulai rapuh dan ruangan yang sangat sempit karena Desa Sebakul ini bukan desa tertinggal lagi.

“Cuman, Desa Air sebakul masih punya kendala bahwa tanah yang di duduki oleh Kantor Desa sama dengan Balai Desa Saat ini masih tercatat atas nama aset Pemerintah Kabupaten Benteng. Namun pihak Pemdes akan berupaya semaksimal mungkin bagaimana cara supaya lahan gedung kantor desa dengan balai desa ini dihibahkan kembali ke Desa, karena kalau tidak di hibahkan ke Desa walaupun ada dana pembangunan kami tidak bisa membangun itu,” kata Kades.

Produk Unggulan Desa Air Sebakul, Jus Jeruk Kali Masin.

Lanjut Kades menambahkan terkait kemajuan Desa yang ia pimpin, bahwa Desa Air Sebakul sudah tercatat untuk dijadikan Desa Wisata dan telah menerima sertifikat. Untuk Kecamatan Talang Empat ada dua Desa yakni Desa Air Sebakul dan Desa Jaya Karta.

“Wisata untuk di Desa Air Sebakul yaitu Cek Dam atau Bendungan Kecil. Sekarang Cek Dam itu baru kami kelola buat kerambah Apung, kenapa tempatnya itu di Cek Dam karena secara tidak langsung kami membuka jalan desa Wisata. Wisata Desa ini masyarakat sangat mendukung sekali,” terangnya.

Titin Sumarni juga menyampaikan kabar gembira terhadap masyarakat Desa Air Sebakul, bahwa Pemerintah Kabupaten telah menobatkan Desa Air Sebakul sebagai Desa Wisata dan telah mempunyai produk Unggulan yaitu Jus Jeruk Kali Masin serta mempunyai makanan khas.

“Jus jeruk Kali Masin ini telah diproduksi, Alhamdulillah selama dua tahun belakangan ini sudah menghasilkan dan sudah menjadi PAD Desa Kami. Dan ini akan di promosikan seandainya datang tamu dari luar Daerah Provinsi Bengkulu dan ini telah di pilih pihak Kabupaten salahsatunya adalah Desa Air Sebakul,” ujar Kades.

Diakhir pembicaraan Kades Air Sebakul mengharapkan kerjasama yang baik melalui Pihak BPD dan masyarakat Desa Air Sebakul, sehingga program pemerintah Desa ini bisa terlaksana dengan baik. (Soza).

Pos terkait