Ketua DPRD Apresiasi Penilaian ITK-O  Polres Mukomuko Tahun 2022

  • Whatsapp

Mukomuko, REALITASTERKINI.com – Polres Mukomuko Polda Bengkulu menggelar penilaian Indeks Tata Kelola Kepolisian Negara Republik Indonesia berbasis Online (ITK-O) oleh responden eksternal untuk mengukur kinerja dan capaian reformasi birokrasi Polri. Berlangsung di Aula Mapolres Mukomuko Rabu, (02/11/2022).

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto,  SH SIK MH dan acara dilanjutkan dengan perkenalan tim peneliti External.

Turut Hadir Bupati Mukomuko H. Sapuan, SE, MM, Ak.CA, CPA, juga dihadiri Ketua DPRD, Dandim 0428. Mukomuko, Ketua PA, PJU Polres Mukomuko, Personil Polres Mukomuko, Ka BPN, para Pimpinan Bank, Ka Basarnas, Kadinkes, Kasatpol PP, Kakan kesbangpol, Kadis PMD,Perwakilan Camat dan Kades/Lurah, serta Tokoh adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama.di Kabupaten Mukomuko.

“Survei yang dilaksanakan ini adalah untuk mengukur kinerja dan capaian reformasi birokrasi Polri khususnya di Polres Mukomuko. Ini adalah landasan kebijakan sesuai bukti dan alat perbandingan kinerja yang objektif, adil dan akurat,” jelas Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto, SH, SIK MH.

Dijelaskannya, penilaian Indeks Tata Kelola Polri sebelumnya, dilakukan secara manual. Namun, saat ini ITK Polri sudah berbasis online, untuk memastikan sejauh mana capaian reformasi birokrasi Polri saat ini.

“Ada dua cara yang  dilakukan dalam penilaian objektif, pertama semua pekerjaan  sehari-hari di upload melalui aplikasi. Kemudian kedua, data persepsi dengan menyebarkan kuisioner kepada eksternal maupun internal”, katanya.

Untuk selanjutnya sambunganya, hari ini kita laksanakan eksternal, dan sudah selesai. Tentunya, kita akan lihat hasilnya nanti sejauh mana tanggapan masyarakat secara umum terhadap kinerja Polri, khususnya di Mukomuko.

Sementara itu, Ketua DPRD Mukomuko yang hadir memenuhi undangan Polres dalam sambutannya menyampaikan ITK-O ini akan menjadi landasan kebijakan berdasarkan bukti dan alat perbandingan kinerja yang objektif, adil dan akurat

“Indeks Tata Kelola (ITK) Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah instrument untuk mengukur kinerja dan capaian  menggunakan 7 prinsip tata kelola Kepolisian yang baik yaitu Kompetensi, Rensponsif, Perilaku, Transparan, Keadilan, Efektivitas, dan Akuntabilitas yang bersifat Objektif dan Komprehensif yang dapat digunakan sebagai landasan untuk pengambilan kebijakan berdasarkan bukti (evident based), sekaligus sebagai tolak ukur kemajuan yang dicapai dan sebagai alat untuk memperbandingkan kinerja secara objektif, fair dan akurat,” pungkas Ali demikian(Red/Adv)

Pos terkait