Lima Raperda Pada Paripurna ke-VI, Disetujui DPRD Mukomuko

  • Whatsapp

Mukomuko, REALITASTERKINI.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daera (DPRD) Kabupaten Mukomuko laksanakan Rapat Paripurna mengenai Lima Rencana Peraturan Daerah (Raperda) untuk di sidang pada Rapat Paripurna ke-VI. Paripurna tersebut diselenggarakan di Gedung DPRD Mukomuko pada Jum’at (21/1/2022)

Bacaan Lainnya

Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Mukomuko M. Ali Saftaini, SE, yang didampingi Wakil Ketua (Waka) I, Nursalim, dengan agenda mendengar pemaparan jawaban Kepala Daerah Kabupaten Mukomuko, mengenai pandangan umum para fraksi-anggota DPRD Mukomuko.

Berdasarkan pemaparan jawaban Kepala Daerah Kabupaten Mukomuko mengenai pandangan umum fraksi-fraksi di DPRD, sehingga menyetujui 5 Raperda untuk dilanjutkan.

“Atas pemaparan Kepala Daerah Kabupaten Mukomuko, dan pandangan umum yang disampaikan oleh fraksi-fraksi, maka ke Lima Raperda dapat dilanjutkan, dan tahapan selanjutnya diteruskan ke tingkat komisi, dan baru diteruskan ke tingkat Baperda”, tandas ketua DPRD Mukomuko.

Pada kesempatan itu, Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM, dalam pemaparannya yang disampaikan oleh Wakil Bupati, Wasri, didampingi oleh Asisten I, Asisten II dan Kepala OPD mengapresiasi pihak fraksi-fraksi DPRD Mukomuko yang telah menyetujui Lima Raperda.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko sangat mengapresiasi serta berterima kasih kepada fraksi-fraksi di DPRD yang telah menyetujui Lima Raperda ini untuk dijadikan sebagai dasar hukum dan pijakan menuju kesempurnaan”, ujar Wasri

Lebih lanjut ia katakan, dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah sebagaimana diubah dengan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja berkedudukan sebagai unsur penyelenggara Pemerintah Daerah dan DPRD harus menciptakan pemerintahan yang bersih dan baik.

“Oleh karena itu, jika pihak eksekutif dan legislatif dapat bersinergi untuk bersama-sama mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih, Kabupaten Mukomuko pasti maju dari segala aspek ke depan”, imbuhnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko mengusulkan Lima Raperda pada masa sidang ke-I, Senin (17/01 /2022), dan dibahas dalam sidang paripurna ke-III masa sidang ke-I tahun 2022 dengan agenda penjelasan Lima Perda yang disampaikan oleh Bupati Mukomuko. Ke Lima produk hukum daerah itu adalah Raperda tentang perubahan atas Perda Kabupaten Mukomuko Nomor 12 tahun 2019 tentang penyelenggara penanaman modal di Kabupaten Mukomuko.

Bukan hanya itu, juga Raperda mengenai perubahan atas Perda Kabupaten Mukomuko Nomor 4 tahun 2013 tentang bangunan gedung, dan tentang pencabutan Perda Nomor 36 tahun 2011 tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Serta pencabutan Perda Nomor 21 tahun 2011 tentang retribusi izin mendirikan bangunan dan Raperda tentang Penyertaan modal terhadap Bank Bengkulu. (Alf/Adv)

Pos terkait