Perketat SOP Penerimaan Tamu di Sekolah, Guna Menghindari Isu Hoak

  • Whatsapp

BENGKULU, REALITASTERKINI.com – Berkaitan dengan isu yang beredar mengenai penahanan Ijazah siswa di salah satu sekolah di Kota Bengkulu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Drs. Eri Yulian Hidayat, M.Pd menggelar Rapat Koordinasi melalui Zoom Metting, Kamis (2/9/21) lalu.

Dalam rapat koordinasi melalui Zoom Metting tersebut, Dia mengatakan, pihak sekolah sama sekali tidak pernah melakukan penahanan ijazah siswa, dan jika itu ada ijazah yang tertahan di sekolah selama ini, bukan semata-mata dikarenakan belum membayar SPP, melainkan masih ada prosedur lain untuk pengambilan ijazah seperti, melengkapi administrasi.

Bacaan Lainnya

“Untuk diketahui yang dimaksud dengan administrasi bukan semata-mata mengenai keuangan saja. Melainkan siswa tersebut belum membubuhi cap jari di ijazahnya, belum mengembalikan buku dari sekolah, termasuk tugas-tugas lainnya yang masih belum diserahkan ke pihak sekolah,” tandas Eri.

Pihak sekolah lanjut Eri, telah melakukan pemanggilan orang tua siswa, namun tidak di respon selama ini. Dan jika terkendala masalah biaya, siswa yang bersangkutan dapat melampirkan surat keterangan tidak mampu dari pihak kelurahan.

“Mekanismenya jelas, jika siswa tersebut tidak mampu untuk membayar SPP, orang tua siswa mengurus surat keterangan tidak mampu ke kantor kelurahan setempat dan disampaiman ke sekolah pasti ada solusinya,” ujarnya.

Di samping itu, Ia menghimbau kepada pihak sekolah terkhusus SMA dan SMK agar melaksanakan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam penerimaan tamu pada jam kegiatan belajar mengajar.

“Laksanakan SOP dengan ketat terhadap tamu yang datang ke sekolah, agar lebih selektif guna menghindari isu-isu Hoak melalui media massa dan media sosial yang belum pasti kebenaran informasinya,” tegas kadikbud Provinsi Bengkulu sembari berpesan jika ada yang ingin mengurus mengenai administrasi di sekolah, wajib mengikutti mekanisme dan persyaratan yang telah ditentukan. (Edi Mendrofa)

Pos terkait

Umroh Tanpa DP