Puluhan Wartawan di Bengkulu Selatan, Minta Perbub Nomor 05 Tahun 2022 Dibatalkan

  • Whatsapp

Bengkulu Selatan, REALITASTERKINI.com Puluhan perwakilan wartawan dari berbagai media di Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu menolak keras Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 05 tahun 2022 tentang kerjasama publikasi.

Demikian disampaikan Yon Maryono salah satu kordinator perwakilan wartawan di Kabupaten Bengkulu Selatan setelah menggelar rapat bersama puluhan wartawan lainnya, Jum’at (18/2/2022) lalu.

Yon Maryono mengatakan, Perbup Nomor 05 Tahun 2022 yang di keluarkan Bupati Bengkulu Selatan Gusman Mulyadi, sangat mengkerdilkan wartawan dan juga menyakiti hati insan pers di daerah tersebut.

Oleh sebab itu sambungnya, sebagai kodinator perwakilan para awak media yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan, dirinya berharap agar bupati segera mencabut dan membatalkan pemberlakuan Perbup Nomor 05 tersebut.

“Kami menuntut agar Perbup tersebut segera di cabut dan di batalkan oleh Bupati Bengkulu Selatan. Sebab tidak sesuai dengan amanat UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers”, tegas Yon Maryono.

Ia menjelaskan, di dalam UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers cukup jelas bahwa tidak pernah mewajibkan seorang wartawan harus mempunyai Uji Kompetensi Wartawan (UKW) atau verifikasi faktual.

“Jika tuntutan para wartawan ini tidak di akomodir oleh Bupati, maka dirinya bersama perwakilan awak media yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan melakukan demonstrasi besar-besaran dan juga menggugat secara hukum”, pungkasnya.(Oka)

  • Whatsapp

Pos terkait