oleh

KKN Mahasiswa Muhammadiyah Berorientasi Religius

Bengkulu, REALITASTERKINI.com

Dari Jumlah 574 mahasiswa/i 42 Perguruan Tinggi Kampus Muhammadiyah se-Indonesia Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kota Bengkulu, Berlangsung selama 40 hari, terbagi menjadi 55 Kelompok yang di sebarkan diseluruh Kelurahan dan Kecamatan Kota Bengkulu.

Salahsatu Kelompok 34,  dengan jumlah 11 Orang itu akan melaksanakan KKN di Kelurahan Kebun Ros, sebelum melaksanakan aktivitas, mereka lakukan silahturahmi terhadap Kepala Lurah.Jumat (2/8/19)

Ketua Kelompok dari Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta’Arrip’, mengatakan, mereka akan melakukan kegiatan KKN di Kebun Ros Lebih mengutamakan tentang ke Agamaan.

“Kegiatan KKN yang akan di laksanakan selama 40 hari di Kelurahan Kebun Ros, ada 4 bidang kegiatan yaitu, Keagamaan, Keilmuan, Olahraga Seni dan budaya serta Tematik dan Non Tematik,” ungkapnya.

Untuk Tematik, jelas ketua kelompok, akan mengambil Tema dengan Judul Pariwisata. Aktifitas tersebut bertujuan untuk ingin membangun Kampung Wisata yang lebih terarah dengan Muhamadiyah.

“Program ini akan membuat kuliner khas Bengkulu, seperti apa nanti jenisnya akan dikaji karena mungkin ada bentuk individu maupun usaha bersama, nanti akan diberi pelatihan”, jelasnya.

Disisi lain lanjutnya mengatakan, nantinya akan dibentuk Eko Mesjid yaitu, Kegiatan Sodakoh Sampah (KSS), kegiatan nya itu bertujuan memberitahukan bahwa sedekah itu tidak harus selamanya menggunakan Uang.

“Kita bisa mengumpulkan setiap hari seperti Plastik, atau sejenisnya, nanti akan kita memilahnya, untuk kegiatan tersebut akan ada pelatihannya, hasil dari kumpulan sampah itu kita akan jual dan diserahkan ke kas Masjid”, tutupnya.

Sementara itu, Lurah Kebun Ros, ‘Mariyana’, menyambut baik atas kehadiran Mahasiswa yang melakukan Aktivitas KKN di wilayah yang ia pimpin.

“Anak KKN Muhamadiyah ini ada binaan masing-masing, karena struktur organisasi Muhammadiyah itu sampai paling bawah sangat bagus, untuk kediaman selama melakukan KKN mereka tinggal di Rt 04”, jelas Lurah.

Rencana Mariyana, Mahasiswa yang melakukan KKN diwilayahnya, akan diajarkan Musik Dol, dalam ajang promosi kebudayaan Bengkulu, karena mahasiswa tersebut dari luar Daerah atau Nasional. (Soza).

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.