oleh

Canangkan Kampung Tematik Taman Rosela Berseri

Bengkulu, REALITASTERJINI.com – Program pembangunan Kampung Tematik ke seluruh kelurahan yang ada di Kota Bengkulu, merupakan salah satu program Wali Kota Bengkulu H. Helmi Hasan, SE, bertujuan untuk mempercantik wajah kota khususnya di lingkungan kelurahan sekaligus menjadi peningkatan perekonomian warga setempat.

Canangkan Kampung Tematik Taman Rosela Berseri 2
Taman Rosela yang akan di kembangkan sebagai peningkatan perekonomian warga setempat (foto Dok. Realitas)

Seperti halnya yang disampaikan Kepala Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu Dra. Suzanna Erdawati saat di jumpai di Gang Setia Rt 06 Rw 05, mengatakan, saat ini sedang pembenahan Kampung Tematik Rosela Bersih Sehat dan Lestari (BERSERI) yang meliputi Gang Setia 1 dan 2, dengan biaya sebesar Rp. 100.000.000,- dari dana APBD tahun Anggaran 2019. Dalam pelaksanaan pembangunan Kampung Tematik tersebut sebagai pendamping dari Tri Mandiri Sakti dengan persentase 30 % dan yang 70% untuk pembangunan fisik, jelas Suzana.

Menurutnya, dari jumlah dana tersebut ada beberapa item yang akan dibangun diantaranya : Rehabilitasi Gapura Gang Setia, Ruang Terbuka Hijau, Lesehan dan Pengembangan Penanaman Taman Rosela yang nantinya diwajibkan ke setiap rumah menanam Rosela tersebut sebanyak 5 batang.

“Tujuan penanaman Tanaman Rosela tersebut, kata Suzanna, dapat dijadikan beberapa prodak, antara lain : bisa dijadikan sirup, dan daunnya dikeringkan untuk dijadikan Teh dan manisan serta campuran dodol rasa Rosela yang nantinya dapat di jual kepada masyarakat melalui Lesehan yang akan dibangun di Gang Setia, Kelurahan Sumber Jaya seputaran jalan dua jalur depan”, papar Suzanna.

Bukan hanya itu, atas program Walikota Bengkulu tentang Kampung Tematik khususnya di Kelurahan Sumber Jaya, salah satu pemberdayaan warga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat seperti yang kami canangkan tentang Pengembangan Tanaman Rosela. Apalagi Kelurahan Sumber Jaya telah menjadi peringkat 1, se Kecamatan Kampung Melayu tentang Kampung Tematik, yang natinya akan mengikuti perlombaan ke tingkat Kota dan Provinsi Bengkulu, ujarnya.

“Saya menghimbau kepada warga Sumber Jaya untuk tetap solid dalam mempertahankan nama yang ada, dan tetap bersama – sama melakukan kegiatan gotongroyong, supaya dapat bersaing sehat dalam mewujudkan kemajemukan, bersih sejuk dan tercapai Bengkulu Bisa”, ujar Suzanna, mengakhiri. (Ferli)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.