oleh

Pekerja Kontruksi Berpedoman Pada Peraturan Menteri PUPR Nomor 07/PRT/M/2019

Bengkulu, REALITASTERKINI.com Menindak Lanjuti Permen PUPR No 7 Tahun 2019 pekerja Kontruksi setiap pekerja wajb mempunyai sertifikat  Terampil (SKT) Tenaga Tetap Bersertifikat Ahli (SKA) sesuai dengan Subklasifikasi (SBU) yang disyaratkan (untuk usaha menengah dan besar) (dipilih sesuai kualifikasi yang di persyaratkan)kompetensi. untuk itu PUPR Pusat Balai Jaya Kontruksi Wilayah Dua Palembang,  tinjau setiap proyek yang ada di wilayah Provinsi Bengkulu. Kamis (26/9/19)

Staf Ahli PUPR Pusat Balai Jaya Kontruksi Wilayah Dua Palembang ‘Budi.A.S’, mengatakan, berdasarkan Peraturan Menteri PUPR Nomor 07/PRT/M/2019 Tentang Standar Dan Pedoman Pengadaan Jasa Konstruksi Melalui Penyedia pihaknya akan selalu memantau Proyek yang dilaksanakan di Provinsi Bengkulu supaya bisa terlaksana dengan baik.

“Yang perlu diperhatikan pihak kontraktor adalah Keamanan Kesehatan dan keselamatan Kerja (K3) upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan baik jasmani maupun rohani”, jelas Budi di Bengkulu.

Menurutnya, bila K3 tersebut tidak di perhatikan oleh pihak Kontraktor maka akan di kenakan sanksi karena telah diatur dalam Permen PU No 7 thun 2019.

“saya sangat mengharapkan demi keamanan kita harus patut pada aturan tersebut “, himbau budi.

Sementara itu lanjut Budi mengatakan, seluruh pekerja harus memiliki SKT dan untuk tenaga tetap harus mempunyai SKA, upaya menjamin kualitas pekerjaan yang akan dilaksanakan karena yang paling utama adalah kualitas atau mutu.

SKT tersebut didapatkan melalui Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi  (LPJK), nantinya akan dites sesuai dengan kemampuan melalui metode Asesmen seperti wawancara, pengamatan dan penilaian pada saat bekerja.

“Bila mana ada yang melanggar aturan Permen PUPR No 7 akan dikenakan sanksi yang berlaku ibarat kita mempunyai SIM kalau melanggar aturan akan di tilang, sama halnya denga aturan tersebut”, Pungkas Budi. (Lase)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.