oleh

PEMDA Kaur Terkesan Tertutup Informasi

-Berita, Kaur-1.143 views

Kaur, REALITASTERKINI.com – Merujuk pada UU Nomor.14 tahun 2008 tentang informasi publik , yang sebelumnya telah mengirimkan surat kepada Pemda kaur tertanggal 29 Agustus 2019 untuk mendapatkan  Peraturan Daerah (PERDA) Nomor.15 tahun 2016 untuk di Publikasikan namun  Pemerintah Daerah (PEMDA) Kaur, Provisi Bengkulu tidak menanggapi sehingga surat keberatan dikirimkan kembali oleh wartawan media online Aprin Taskakan Yanto, Rabu (2/10/19)

Menurut Pemohon Aprin Taskan Yanto, sangat disayangkan pihak PEMDA Kaur yang tidak mau memberikan salinan PERDA tersebut untuk di pulikasikan di salahsatu media online sehingga melayangkan surat keberatan berdasarkan pada UU Nomor.14 tahun 2008 tentang informasi publik yang transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggung jawabkan.

“Saya telah melayangkan surat keberatan ke pihak PEMDA Kaur, terkait permohonan untuk  mendapatkan salinan Perda Nomor 15 tahun 2016 tentang RPJMD Kabupaten kaur, semestinya ini harus dipublikasikan akan tetapi kenyataannya terkesan disembunyikan ada apa dengan Perda ini….?, ” tegas Aprin

Lanjutnya mengatakan, berdasarkan Pasal 3 UU Nomor 14 tahun 2008  tentang KIP, Pemerinta menerbitkan Peraturan tersebut agar ada keterbukaan informasi  terhadap masyarakat antara lain:

  1. mewujudkan penyelenggara negara yang baik, yang transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggung jawabkan.
  2. mengetahui alasan kebijakan publik yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak .
  3. mengembangkan ilmu pengetahuan dan mencerdaskan kehidupan bangsa .
  4. bahwa lebih lanjut , salah satu tujuan perencanaan pembangunan daerah adalah untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik  (Pasal 3 Permendagri Nomor 86 tahun 2017)

Berdasarkan surat keberatan yang telah ‘Aprin’ layangkan dirinya akan menunggu dalam waktu 30 hari kedepan untuk tanggapan Pemda Kaur agar memberikan salinan Perda 15 tahun 2016 tersebut dan ini akan dilanjutkan ke tahapan selanjutnya. pungkas Aprin mengakhiri. (ROSITA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.