oleh

Sri Rahayani,Spd : Melestarikan Budaya Kaur Adalah Tugas Bersama

Kaur, REALITASTERKINI.com – Dalam menjaga dan melestarikan budaya lokal yang ada dalam masyarakat Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu.  Dapat dilakukan dengan berbagai cara namun hal itu belum terlihat pada saat ini, dari banyaknya budaya yang ada dikaur, baru empat budaya yang telah diakui di Pemerintah Pusat yang desertai sertifikat sebagai bukti kredibilitas budaya itu sendiri, hal itu disampaikan Kabid Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (DIKBUD) Kaur Sri Rahayani,Spd, diruang kerjanya.  Jum’at (18/10/19)

“Sebenarnya Budaya lokal kita di Kabupaten Kaur ini sangat banyak sekali kalau kita bersama melestarikannya, tetapi yang disayangkan hingga saat ini baru empat macam budaya lokal yang telah di daftar sebagai budaya dan telah mendapatkan sertifikat dari kementrian,”jelas Sri Rahayani.

Lanjutnya mengatakan, jenis Budaya local yang telah terdaftar di kementrian itu antara lain:

  1. Kuntau sebagai budaya gerak yang menjadi olaraga tradisional kaur.
  2. Guritan sebagai seni daerah kaur yang memadukan nasehat disaat kegiatan setelah masyarakat yang memperingati kematian seseorang.
  3. Melemang sebagai adat istiadat saat proses pelamaran untuk melakukan penyungsungan akan akad nikah.
  4. Meringit yang menjadi tradisi turun temurun setiap lapisan

“Ya, Sebagai Kabid Budaya di kabupaten Kaur ini sangat mengharapkan sekali kerjasama dengan masyarakat. Mari kita sama-sama menjaga dan melestarikan kebudayaan ini dan lebih meningkatkan ke arifan lokal karena itu adalah warisan turun temurun masyarakat di Kabupaten Kaur,” Harap Sri Rahayani demikian. (APRIN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.