oleh

Petugas DLH Kota Bengkulu, Bersihkan Sampah Drainase

Bengkulu, REALITASTERKINI.com – Sejumlah petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu membersihkan sampah di drainase Jalan Muhajirin dan Dusun Besar Kecamatan Singaran Pati. Senin (2/12/2019).

Petugas DLH Kota Bengkulu, Bersihkan Sampah Drainase 2

Dari pantauan realitasterkini.com, mobil angkutan petugas Kebersihan DLH Kota Bengkulu telah siap untuk mengangkut sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berada di daerah Air Sebakul Kota Bengkulu.Berbagai macam sampah terlihat di perairan pada saluran terbuka itu.

Petugas DLH Kota Bengkulu, Bersihkan Sampah Drainase 3

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu, Syarnubi,  mengatakan ia langsung mengarahkan petugas untuk membersihkan sampah pada drainase itu.

Petugas DLH Kota Bengkulu, Bersihkan Sampah Drainase 4

Hal tersebut menindaklanjuti laporan warga yang mengatakan, banyaknya sampah yang menumpuk pada drainase dikhawatirkan akan mengakibatkan luapan air ketika musim hujan dan meminta untuk dibersihkan.

Petugas DLH Kota Bengkulu, Bersihkan Sampah Drainase 5

“Kita tetap mengutamakan kebersihan lingkungan karena hal tersebut sudah kewajiban kita, namun ada satu hal yang perlu diperhatikan oleh warga, jangan membuang sampah di drainase karena bisa mengakibatkat banjir dan yang dirugikan adalah warga setempat,” kata Syarnubi.

Lanjut Kepala DLH meminta kepada terutama ketua Rukun Tetangga (RT), Lurah dapat segera memberikan pemahaman  kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan terutama sekali kedalam drainase. 

“Apabila ini tidak dicegah dan tidak ada pemahaman bersama lingkungan akan kurang nyaman, kotor dan parahnya lagi terjadi banjir yg mengakibat kerugian,” Imbau Kepala DLH.

Terakhir dirinya mengatakan Ayo kita jaga kebersihan lingkungan dan buanglah sampah pada tempatnya“. 

Sementara itu hal senada disampaikan Mantan Anggota Dewan Kota Bengkulu, Periode 2014-2019, Heri Ifzan, dengan kebetulan berada di wilayah pembersihan sampah tersebut, mengatakan, bila mana sudah ada Peraturan Daerah (PERDA) Kota Bengkulu tentang permasalahan Sampah tersebut agar bisa di sosialisasikan terhadap warga.

“Ya, Kemungkinan besar warga selama ini belum memahami PERDA terkait Sampah, jadi harusnya dilakukan sosialisasi upaya warga memahami aturan tersebut. Bila perlu dipasang Papan Merek yang bertuliskan aturan apa bila warga melanggar, jadi benar-benar diterapkan agar warga tidak membuang sampah di sembarang tempat,” kata Ifzan mengakhiri. (Sz)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

3 komentar