oleh

AMAN Bengkulu Adakan Rapat Kerja Wilayah Ke-III

Bengkulu, REALITASTERKINI.com  – Mekanisme organisasi adalah sebuah tahapan penting dalam menjaga berjalan atau tidaknya sebuah roda organisasi.

Organisasi Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Bengkulu sebagai bagian AMAN Nasional, pada minggu malam (23/2/2020) mengadakan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) ke-III sebagai sebuah mandat organisasi ditingkat wilayah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Rumah AMAN Bengkulu alamat Jl. Cimanuk No.08 RW. 05 RT. 11 Kel. Jalan Gedang Kec. Gading Cempak Kota Bengkulu. Rakerwil ini mengangkat tema Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Adat Sebagai Upaya Mewujudkan Pengelolaan Sumber Daya Alam yang Berkeadilan dan Berkelanjutan di Provinsi Bengkulu.

Dalam kesempatan yang baik ini Ketua BPH AMAN Bengkulu Deff tri menyampaikan pada saat pembukaan sekaligus penyampaian laporan pelaksanaan organisasi dari februari 2018 – februari 2020 bahwa masyarakat adat

“AMAN Bengkulu harus tetap konsisten dan komitmen dalam garis perjuangan demi terwujudnya Masyarakat Adat yang berbudaya, berdaulat secara ekonomi dan politik”, Kata Deff Tri.

Beliau juga menjelaskan, Rapat Kerja Wilayah adalah sebuah momentum mempererat ikatan perjuangan dalam tubuh AMAN Bengkulu bersama Pengurus Daerah dan sayap-sayap organisasi AMAN.

Dalam hal ini, menjadi wadha evaluasi diri dan organisasi. Menumbuhkan kembali konsepsi diri dan organisasi agar agenda-agenda AMAN Bengkulu kedepan lebih baik dan tearah.

Dalam kata sambutanya deff tri juga menekankan, bahwa Perjuangan AMAN Bengkulu adalah perjuangan masyarakat khususnya masyarakat adat, tidak hanya dalam satu kesatuan kehidupan masyarakat adat namun juga dalam kerangka kehidupan bernegara.

Dimana ada masyarakat adat, disana dara juang AMAN akan ada bersama niat baik organisasi AMAN.

Rakerwil ini berlangsung dari pukul 19.50 (ba’da isya) Hingga tengah malam.

Rakerwil AMAN Bengkulu melibatkan utusan dari Pimpinan Wilayah yang terdiri dari Ketua BPH AMAN Wilayah dan Dewan Aman wilayah Bengkulu (DAMANWIL), PD AMAN Rejang Lebong, PD AMAN Tanah Serawai, PD AMAN Tanah Rejang, PD AMAN Kaur, PD AMAN Enggano beserta masing-masing Dewan AMAN Daerah (DAMANDA)nya.

Acara ini juga dihadiri oleh sayap-sayap Organisasi AMAN seperti Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) dan Perhimpunan Pembela Masyarakat Adat Nusantara (PPMAN).

Dengan dilaksanakannya Rakerwil ini dapat memperkuat implementasi dari rencana-rencana strategis AMAN mulai dari tingkat wilayah hingga komunitas-komunitas AMAN yang ada di Provinsi Bengkulu. (Sz)