oleh

DPMPTSP , Wajib Bahan Material Proyek Fisik DD Berizin

Seluma, REALITASTERKINI.comKepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Seluma, Drs. Mahwan Jayadi, paparkan tentang pemakaian atau pengambilan material galian C Ilegal untuk bangunan Dana Desa (DD) itu melanggar aturan. Pengenaan pajak Galian C untuk kegiatan proyek fisik Dana Desa disesuai dengan rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan, seperti salah satu contoh yang diduga berada di Desa Kayu Elang dari pihak perizinan tidak pernah mengluarkan surat izin, Kata Kadis DPMPTSP Seluma, kepada realitasterkini.com diruang kerjanya. Selasa (25/2/20).

Menurutnya, Galian C Ilegal yang berada di Desa Kayu Elang tidak terkontrol karena jalan yang susah dilalui kendaraan, dan kami akan berupaya nantinya akan turun kelapangan.

“Dugaan Galian C Ilegal di Kabupaten Seluma ini bukan hanya satu atau dua, tetapi kelemahan untuk mengontrol keberadaan kuari yang tidak mengantongi Izin itu sangat sulit di pedalaman jauh sehingga bila ada laporan masyarakat kita tidak langgsung menanggapi karena kita harus punya data yang real dan jalan satu-satunya turun kelapangan,” Jelasnya.

Pada Tahun 2020 ini, lanjut  Mahwan, akan dikroscek lagi jadi bila ada yang masih bandel melakukan penambangan Pasir atau Batu dan tidak mengurus perizinannya maka pihaknya akan melakukan tindakan keras dengan bekerjasama melalui pihak penegak hukum setempat.

“Sebenarnya dari hasil pajak yang dipungut itu juga secara tidak langsung dikembalikan juga kepada Desa. Karena salah satu sumber dana untuk alokasi DD yang dikucurkan pemerintah kabupaten kepada desa adalah melalui PAD,” ucapnya. (Muksin)