oleh

Korona, Komite FAL Intensifkan Pengawasan di Seluruh Bandara Indonesia

Jakarta, REALITASTERKINI.com – Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto menjelaskan, sebagai Ketua Komite FAL Nasional, pihaknya akan lebih intensif mengambil langkah dalam mengantisipasi penyebaran Virus Korona di seluruh wilayah Indonesia.

“Setelah terdapatnya dua WNI yang terjangkit Virus Korona di Indonesia, kami mengimbau kepada seluruh Komite FAL Bandar Udara untuk kembali melakukan pengawasan intensif di seluruh bandar udara,” ujar Novie Riyanto, Selasa (3/3).

Menurut Novie, Kepala Otoritas Bandar Udara (OBU), Kepala UPBU dan EGM BUBU selaku Ketua Komite FAL Bandar Udara berkewajiban memantau segala perkembangan terkait pencegahan penyebaran Virus Korona di Indonesia, terutama dalam menerapkan, mengkoordinasikan, dan memperbarui pelaksanaan sistem pengawasan, dalam hal ini penyebaran penyakit menular berbahaya melalui pintu lalu lintas orang di bandar udara.

“Untuk itu perlu koordinasi intensif dengan seluruh bandar udara di wilayah kerjanya, serta berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP),” ujar Novie.

Untuk diketahui, sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 61 Tahun 2015, pada Bab I Tujuan Program, agar semua pihak yang terkait dengan Fasilitasi (FAL) memahami ruang lingkup, prosedur dan tata cara sesuai dengan kewenangan, tugas, fungsi dan tanggung jawab institusi terkait dan penyelenggara jasa terkait dalam rangka penyelenggaraan Fasilitasi (FAL) di Indonesia.

“Kami instruksikan, seluruh pengawasan, pemeriksaan penumpang dan kru pesawat untuk dilakukan secara intensif. Pemeriksaan berlaku bagi semua penumpang, tanpa pengecualian,” tegasnya.

Novie menambahkan, pihaknya akan terus memberikan dukungan penuh kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dalam menjalankan tugasnya, berikut dengan seluruh stakeholder penerbangan untuk dapat bekerja sama dalam meningkatkan pengawasan pada bidangnya masing-masing.

“Dan kepada semua penumpang, dimohon kerjasamanya untuk melakukan pelaporan kepada petugas kesehatan setempat jika merasa kurang sehat agar segera melaporkan dan memeriksakan diri kepada petugas kesehatan di bandara, jangan abaikan gejala-gejalanya demi kesehatan anda dan orang lain,” tutup Novie. (Rls/ Kemhub)