oleh

Wagub Himbau : Masyarakat Jangan Panik, Tapi Tetap Waspada Terkait Virus Korona

Bengkulu, REALITASTERKINI.com – Wakil Gubernur Bengkulu, Dedy Ermansyah, himbau masyarakat Provinsi Bengkulu agar jangan panik terkait virus Korona. Masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa, dan biasakan perilaku sehat serta menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang upaya mengantisipasi penyebar virus yang pertama kali muncul di Wuhan Cina ini. Hal tersebut disampaikannya usai memimpin rapat koordinasi antisipasi penyebaran virus corona bersama stakeholder terkait di ruang VIP Bandara Fatmawati (4/3/20).

Salah satu pintu masuk Ke Provinsi Bengkulu melalui bandara, kata Wakil Gubernur, supaya lebih waspada terhadap penyebaran virus Korona baik melalui orang maupun barang agar selalu dicek apabila mencurigakan segera laporkan kepihak dinas terkait.

“Hingga saat ini Bengkulu aman dari virus corona, namun kita tetap harus waspada terutama di pintu-pintu masuk seperti bandara, pelabuhan dan transportasi darat lainnya,” ujarnya.

Dari laporan pihak terkait diantaranya Angkasa Pura II sebagai pengelola bandara, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Dinas Perhubungan serta Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Wagub menilai antisipasi dan pencegahan penyebaran Virus Corona sudah dilakukan dengan baik, Namun dirinya tetap meminta untuk selalu waspada.

Pernyataan untuk tidak panik dibenarkan oleh dokter Ismir Fahri dari RSUD M. Yunus. Apalagi menurutnya hingga melakukan “panic buying” berlomba mencari masker sehingga membuat langka dan  harganya menjadi tidak wajar.

“Masker itu diperuntukkan untuk orang yang sakit bukan untuk kita yang sehat.  Karena tujuan masker mencegah sumber penularan berupa cairan dari dalam tubuh yang terlontar keluar ketika bersin atau batuk,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya yang terpenting adalah menjaga daya tahan tubuh, karena sifat virus adalah penyakit yang bisa reda dengan sendirinya. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dr. Ismir menganjurkan untuk tidur teratur,  berolahraga,  makan makanan bergizi,  dan mencuci tangan sebelum mengkonsumsi makanan atau kontak dengan barang barang fasilitas publik.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni menerangkan, ada empat rumah sakit yang telah dipersiapkan untuk menangani jika ada pasien yang suspect Corona yaitu RSUD Bengkulu Utara,  RSUD Bengkulu Selatan,  RS Kota dan RSUD M. Yunus.

Empat Rumah sakit itu dilengkapi ruang isolasi dan tenaga ahli yang telah dipersiapkan. Jika ada pasien terduga terinfeksi Corona  maka akan langsung dirawat di fasilitas kesehatan tersebut. (Mc/Fredy)