oleh

ABK Kapal Pesiar Pagi Sore Diperiksa

Jakarta, RELITASTERKINI.com – Juru Bicara Penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) Achmad Yurianto mengatakan perkembangan observasi yang dilaksanakan dari anak buah kapal (ABK) World Dream memasuki hari keenam, seluruhnya dinyatakan sehat.

”Masuk hari keenam dan dari 188 ABK pada waktu datang dan kemudian kita lakukan pemeriksaan fisik serta laboratorium keseluruhannya dalam keadaan sehat dan hasil pemeriksaan virusnya negatif,” kata Yuri di Kantor Staf Presiden (KSP) Jumat (6/3/2020).

Selama ABK diobservasi, lanjut Yuri dilakukan pemeriksaan kesehatan pagi dan sore yang dilaksanakan tidak ada yang sakit, baik secara psikologis maupun fisik dan tidak ada permasalahan. Sehingga diharapkan dalam waktu dekat setelah 14 hari akan dilakukan pemeriksaan lagi dan kemudian dikembalikan ke keluarga.

Total ABK World Dream sebanyak 188 ini ada 16 ABK wanita dalam kondisi hamil tiga bulan dan suaminya juga ada di sana. Kondisi kehamilan dan Ibunya bagus, tidak ada masalah.

Untuk ABK World Dream ini di di-back up dengan 35 tenaga kesehatan dari Kementerian Kesehatan yang terdiri dari dokter spesialis paru, penyakit dalam, jantung, kemudian patologi klinik, kemudian dokter umum, perawat, dan fasilitas yang disiapkan di sana di samping UGD dengan ICU mini juga disiapkan.

Sedangkan ABK Diamond Princess yang berjumlah 69, kata Yuri ada satu orang yang dipisahkan meskipun kondisi fisiknya baik, tetapi pihaknya mencurigai kemungkinan suspect tertular Covid-19 dan sekarang sudah diisolasi di Rumah Sakit Persahabatan.

Selain itu ada 10 orang tim medis yang bersama-sama menjemput ke Jepang dan ini juga diminta untuk melaksanakan layanan sekaligus observasi, karena termasuk kategori kontak dekat.

”Data awal untuk 10 tenaga medis ini seluruhnya negatif, dan nanti hasilnya bagus. Kemudian kita bantu juga dengan penambahan 20 tim medis, sehingga totalnya nanti akan menjadi 30 untuk mendukung khusus Diamond Princess,” kata Yuri. (**)