oleh

Presiden RI : Tetapkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

Jakarta, REALITASTERKINI.com – Setiap ada Klaster terbaru Tim Reaksi Cepat yang dikomandoi Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) pasti akan masuk bergerak dibantu dari Badan Intelijen Negara (BIN), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Dengan mempertimbangkan penyebaran Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) di dunia cenderung terus meningkat dari waktu ke waktu, menimbulkan korban jiwa dan kerugian material yang lebih besar, dan telah berimplikasi pada aspek sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, percepatan penanganan COVID-19 diperlukan langkah-langkah cepat, tepat, fokus, terpadu, dan sinergis antar kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, Presiden Joko Widodo menetapkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan gugus tugas ini agar pusat dan daerah memiliki irama dan visi yang sama serta tidak menimbulkan ketidakefisienan dan ketidakefektifan.

Pada konteks untuk mengkolaborasikan semua kapasitas yang ada, bukan hanya pemerintah tapi juga masyarakat dan dunia usaha.

“Pemerintah, mulai dari tataran pusat hingga daerah, sampai yang terkecil di tingkat masyarakat. Ini yang menjadi kekuatan terbesar kita. Jika kita tidak melaksanakan pola pendekatan seperti ini maka kita tidak akan mampu mengendalikan penyakit ini,” kata Yuri. (**)