oleh

Rincian Penggunaan BUMDES Gunung Mesir “Belum Serah Terima”

-Seluma-224 views

Seluma, realitasterkini.com – Penggunaan dan pertanggung jawaban Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Gunung Mesir, Kecamatan Semidang Alas, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu hingga saat ini Mantan Kades lama ‘Bani’, belum serah terima kepada Kades Gunung Mesir terpilih. Hal itu disampaikan ‘Alkihin’ saat dijumpai realitaaterkini.com di ruang kerjanya, Senin (08/06/20).
Kekecewaan serta keluh kesah Kades Gunung Mesir terpilih ‘Alkihin’ terhadap mantan kades ‘Bani’ atas pengelolaan BUMDES semasa menjabat sebagai Kades, meminta aparatur pemerintah dan penegakan hukum di Wilayah Kabupaten Seluma untuk melakukan investigasi ke lapangan supaya barang BUMDES yang telah di beli saat mantan kades tersebut terang menerang rimbahnya dikemanakan.


Menurut ‘Alkihin’ Ketua BUMBES saat ‘Bani’ menjabat sebagai Kades Gunung Mesir adalah anak kandungnya ‘Yayan’. Berdasarkan informasi yang ia dapatkan jumlah Dana BUMDES saat itu sebesar Rp. 60.000.000,- dan yang telah digunakan hanya pembelian kursi plastik sebanyak 700 buah. “Saya berharap agar pembukuan dan penggunaan dana BUMDES serta kursi yang telah dibeli saat mantan kades ‘Bani’, pihak aparatur pemerintah dan penegak hukum segera melakukan investigasi ke lapangan agar pemanfaatan Dana BUMDES dapat di pertanggung jawabkan sehingga masyarakat Desa Gunung Mesir tidak bertanya tanya keberadaan kursi tersebut, tandas Alkihin.


Bukan hanya itu ‘Alkihin’ mengatakan pekerjaan peningkatan pengaspalan jalan lapen saat ini sedang terhambat. Bagaimana tidak, peningkatan pengaspalan Jalan Lapen yang melewati depan rumah sang mantan Kades tersebut dilarang dikerjakan oleh ‘Bani’, dengan alasan Sertifikat jalan tersebut masih belum di lebur kepada pihak ke dua.
Akibat dari pada hambatan tersebut, pembangunan jalan terbengkalai. Sementara Dana yang digunakan dalam peningkatan jalan tersebut bersumber dari Dana Desa (DD). Oleh sebab itu, Dirinya berharap agar aparatur pemerintah terkait melakukan peninjauan lokasi pembangunan demi kesejahteraan warga Desa Gunung Mesir, jelas Alkihin. (Mukhsin / ADV)