oleh

Tim Seleksi Penerima BLT Turun ke Rumah Warga Desa Bandung Agung

-Seluma-544 views

Seluma, realitasterkini.com – Tim seleksi penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) turun ke Desa Bandung Agung Kecamatan Semidang Alas Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu untuk melakukan pendataan ulang warga yang benar-benar berhak menerima bantuan sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Tim Seleksi Penerima BLT Turun ke Rumah Warga Desa Bandung Agung 2 Camat Semidang Alas ‘Zaidi’ saat menyampaikan pemahaman terhadap warga di kantor Desa Bandung Agung

Pendataan berlangsung alot dikarenakan banyak warga desa setempat tidak memenuhi 14 keriteria yang telah ditentukan pemerintah.

Berangkat dari pendataan tersebut di awali rapat di kantor Desa Bandung Agung yang di hadiri langsung unsur Tripika Kecamatan, JPKP kabupaten serta tim relawan, Jumat (12/06/2020).

Tim Seleksi Penerima BLT Turun ke Rumah Warga Desa Bandung Agung 3 Unsur Tripika Kecamatan Semidang Alas yang hadir saat rapat pendataan ulang penerima BLT di Kantor Desa Bandung Agung

Atas musyawarah yang berlangsung alot antara Kades Bandung Agung ‘Sairan’ termasuk tim dari kecamatan dan kabupaten, akhirnya warga yang menghadiri rapat meminta kebijakan sang kades agar warga yang telah menerima BLT sebelumnya tetap menerima. Namun permintaan warga tersebut tetap di tepis oleh Kades ‘Sairan’ dan bersih keras berpedoman dengan aturan yang baku dari pemerintah untuk menghindari hal-hal pertanggungjawaban di mata hukum. “Dalam pendataan ulang penerima BLT di Desa Bandung Agung, saya tetap berpegang teguh atas aturan yang berlaku sesuai dengan 14 ketentuan penerima bantuan Covid-19. Sebab pendataan kali ini penuh dilakukan dengan selektif dan dapat di pertanggungjawaban sesuai dengan aturan yang berlaku, tegas sang kades.

Tim Seleksi Penerima BLT Turun ke Rumah Warga Desa Bandung Agung 4 Camat Semidang Alas, Kades Bandung Agung dan Ketua BPD, sedang mendengarkan argumen warga setempat

Diakhir musyawarah itu Kades ‘Sairan’ serta Babinsa Hermantoni dan Babinkamtibmas ‘Zainal’ mengucapkan salam damai dan kompak selalu atas dilakukannya seleksi penerima BLT Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Camat Semidang alas ‘Zaidi’ memberikan pemahaman terhadap warga bahwa aturan baku dalam penerima BLT yang bersumber dari Dana Desa (DD) sudah ada. Dalam hal ini warga juga memahami aturan tersebut supaya ke depan tidak menimbulkan masalah. “Pemerintah telah membuat 14 keriteria yang baku, dan kades serta perangkatnya tetap mempedomani hal itu, dan atas pendataan yang dilakukan hari ini di pantau langsung dari pihak Babinsa dan Babinkamtibmas serta JPKP dari Kabupaten Seluma dan tim relawan”, papar Zaidi.

Tim Seleksi Penerima BLT Turun ke Rumah Warga Desa Bandung Agung 5 Tim Relawan saat melakukan pendataan ulang ke Salah Satu Rumah Warga

Setelah tim seleksi menyampaikan pemahaman aturan tersebut, akhirnya warga memahaminya sehingga tim yang telah di bentuk turun langsung ke rumah-rumah warga untuk melakukan pendataan ulang mana yang pantas menerima BLT dan mana yang tidak disesuaikan dengan hasil investigasi ke lapangan. (Mukhsin/ADV)