oleh

Kades Kayu Elang “Kena Teguran Dari Pihak Tim Monitoring Kecamatan Semidang Alas”

-Seluma-266 views

Seluma, realitasterkini.com – Tim monitoring sertifikasi penerapan pembangunan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020, menegur Kades Kayu Elang ‘Midi Sari’ mengenai pembangunan Bedah Rumah dan pemasangan Bronjong yang diduga tidak tepat sasaran. Hal itu disampaikan terbukti saat Tim Monitoring melakukan investigasi ke lokasi pembangunan yang tengah dikerjakan, Rabu (24/06/2020) lalu.

Berdasarkan data yang di himpun realitasterkini.com, saat tim monitoring sertifikasi penerapan pembangunan Dana Desa dari Tripika Kecamatan Semidang Alas, 4 unit Bedah Rumah berukuran 4X5 untuk Warga Miskin dikerjakan asal jadi sehingga Camat langsung menegur kades setempat karena, WC dan NCK belum selesai. “Bangunan Bedah Rumah ini khusus untuk warga miskin dan kami lihat belum selesai kendalanya apa pak kades? Pelaksanaan fisik bangunan masih kekurangan atau sengaja dikurangi?”, kata ‘Zaidi’.

Kades Kayu Elang "Kena Teguran Dari Pihak Tim Monitoring Kecamatan Semidang Alas" 2Tim Monitoring dari Kecamatan Semidang Alas melakukan pengukuran fisik bangunan Bedah Rumah

Ia menegaskan, pelaksanaan pembangunan Bedah Rumah ini harus secepatnya diselesaikan dikarenakan warga butuh hunian yang nyaman dan bersih, apa lagi biaya pembangunan Bedah Rumah ini mencapai ratusan juta rupiah, tegas camat.

Setelah pengukuran volume pekerjaan dilakukan, Camat Semidang Alas ‘Zaidi’ selaku ketua tim monitoring, langsung menginstruksikan jajarannya untuk melihat lokasi pemasangan Bronjong yang dibangun sang kades. Ternyata, pemasangan Bronjong yang berjumlah 89 unit tersebut terpasang di hulu desa pertengahan Sungai Alas.

Menurut tim monitoring sertifikasi penerapan pembangunan Dana Desa tahun anggaran 2020, peletakan Bronjong di hulu Sungai Alas ini tidak tepat dan salah perencanaan, karena berada di wilayah Desa Gunung Megang, di lokasi penambangan batu dan pasir ‘Tahul’. “Pembangunan Bronjong di Sungai ini tidak tepat dan salah perencanaan. Oleh karena itu, kades serta perangkat desa minggu depan segera menghadap di kantor kecamatan untuk membahas kekeliruan pemanfaatan DD tahun anggaran 2020 ini”, tegas Kapolsek IPDA Noprizal.

Kades Kayu Elang "Kena Teguran Dari Pihak Tim Monitoring Kecamatan Semidang Alas" 3Tim Monitoring Kecamatan saat meninjau pemasangan Bronjong Desa Kayu Elang

Dalam kesempatan itu, Danramil Semidang Alas ‘Surianto’ angkat bicara, dari dulu pelaksanaan pembangunan DD di Desa Kayu Elang ini sudah dikenal sering bermasalah, jadi kehadiran Tim Monitoring Kecamatan di sini untuk bersama-sama mengontrol semua aspek kegiatan. “Di desa Kayu Elang sudah dikenal sering terjadi permasalahan pelaksanaan fisik bangunan, jadi mari kita sama-sama melakukan kontrol agar jangan terjadi hal serupa”, papar Surianto.

Dalam kesempatan itu, Kades Kayu Elang ‘Midi Sari’ dalam sambutannya menyampaikan atas kedatangan Tim Monitoring Kecamatan Semidang Alas ini , saya selaku kepala desa serta perangkatnya berharap jika dalam pemeriksaan pelaksanaan pembangunan baik Bedah Rumah Warga maupun Pemasangan Bronjong, mohon di koreksi dan jika ada kekeliruan kami tetap bertanggung jawab membenahinya, tandas kades. (Mukhsin/ADV)