oleh

Jalan Desa Genting Juar “Persis Kubangan Kerbau”

-Seluma-204 views

Seluma, realitasterkini.com – Jalan Desa Genting Juar, Kecamatan Semidang Alas Maras, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu tak ubahnya seperti kubangan kerbau. Hal itu terbukti saat wartawan realitasterkini.com melewati jalan tersebut, Jum’at 26-06-2020.

Berdasarkan pantauan realitasterkini.com, jalan Desa Genting Juar hampir merata digenangi air dan berlubang hingga 50-100 cm, sehingga bagi masyarakat yang melintasi jalan tersebut sangat ekstra hati-hati karena sering terjadi kecelakaan tunggal saat pemusim hujan.

Ketika Hal itu dikonfirmasi Kades Genting Juar ‘Ajizman’ di kediamannya, Jum’at 26-06-20, iya membenarkan bahwa jalan desa yang dipimpinnya itu telah mengalami kerusakan beberapa tahun terakhir ini.

Jalan Desa Genting Juar "Persis Kubangan Kerbau" 2Jalan Desa Genting Juar Yang Tak Pernah Tersentuh Pembangunan Sejak Beberapa Tahun Terakhir Ini

Menurut ‘Ajizman’, dirinya telah dua kali mengajukan perbaikan jalan desa tersebut kepada pemerintah kabupaten Seluma namun hingga saat ini tak pernah ditanggapi. “Kami selaku pemerintah secara tertulis sudah dua kali kami ajukan kepada pemerintah kabupaten Seluma dan pengajuan secara tertulis pun sudah kami sampaikan ke Dinas PUPR Kabupaten Seluma, namun hingga saat ini tidak pernah turun untuk meninjau jalan tersebut” tandas Ajizman.

Menurutnya, penderitaan warganya dalam melintasi jalan desa sepanjang 800 M lebar 4 M itu, sangat ekstrim apa lagi saat pemusim hujan tak ubahnya seperti kubangan kerbau dan bahkan menjadi wahana pemandian bebek ternak warga, imbuhnya.

Jalan Desa Genting Juar "Persis Kubangan Kerbau" 3Kades Genting Juar Ajizman

Hal senada juga disampaikan beberapa tokoh masyarakat setempat yang meminta agar identitas dirinya tidak ditulis, seperti apa yang dirasakan warga Desa Genting Juar saat ini di bidang infrastruktur jalan desa, merupakan tanggung jawab pemerintah kabupaten. “Pengaspalan jalan desa yang telah hancur total ini merupakan tanggung jawab pemerintah khususnya pihak Dinas PUPR Kabupaten Seluma. Namun hingga saat ini tak pernah kunjung datang kepedulian pemerintah setempat pada hal menurut informasi telah diajukan dua kali secara tertulis oleh pemerintah desa”, tutur warga.

Kerinduan warga desa untuk menikmati jalan aspal sudah lama di dambakan. Akan tetapi apa mau dikata sepertinya pembangunan jalan Desa Genting Juar bagaikan di anak tirikan. “Kami juga mendambakan pembangunan jalan aspal selama beberapa tahun terakhir ini, namun apa mau dikata, pemerintah kabupaten tidak ada rasa kepedulian dan bahkan di anak tirikan di bidang pembangunan infrastruktur jalan”, ujar beberapa tokoh masyarakat dengan nada kesal. (Mukhsin/ADV)