oleh

Warga Desa Penyandingan, “Canangkan Demonstrasi Damai”

-Kaur-190 views

Kaur, realitasterkini.com – Warga Desa Penyandingan, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, canangkan Demonstrasi ke kantor pemerintah daerah untuk menuntut keadilan atas jalan lingkungan desa Penyandingan yang telah dirusak PT. CBS. Hal itu disampaikan kades dan ketua BPD saat dijumpai di kediamannya beberapa waktu lalu.

Kades Penyandingan ‘Suparyoto’ yang didampingi Ketua BPD ‘Anshori’ ketika dikonfirmasi mengatakan, kami tetap meminta pertanggungjawaban Perusahaan PT. CBS untuk bertanggung jawab atas kerusakan jalan Desa Penyandingan. Jika tidak kami melakukan Demonstrasi Damai ke Pemerintah Kabupaten Kaur, DPRD dan Polresta untuk meminta keadilan. “Dalam permasalahan kerusakan jalan Desa Penyandingan ini, kami beharap pihak Perusahaan PT CBS bertanggung jawab untuk memperbaikinya. Dan jika tidak kami warga desa telah berencana melakukan Demonstrasi Damai di Kantor Bupati, DPRD dan Polresta Kaur untuk menuntut keadilan” tegas Suparyoto.

Lebih lanjut kades menerangkan selama beberapa bulan terakhir ini, warga Desa Penyandingan telah melakukan musyawarah di Kantor PT. CBS, yang diwakili Ketua BPD namun tanggapan dari pihak perusahaan tidak ada.

Pada hal atas musyawarah yang telah disepakati secara tertulis saat itu, perusahaan PT. CBS bersedia memperbaiki kerusakan jalan, jembatan dan Platdeker Desa Penyandingan. Namun hingga saat ini surat kesepakatan bersama itu tak pernah terwujud dan bahkan surat tersebut tidak di pegang pihak pemerintah desa, tandas kades dan ketua BPD.

Warga Desa Penyandingan, "Canangkan Demonstrasi Damai" 2Pedi Setriawan. SH

Atas tuntutan warga tersebut, realitasterkini.com konfirmasi kepada Kapolres Kaur melalui Kasat Reskrim Pedi Setriawan. SH mengatakan, atas kerusakan fasilitas umum Desa Penyandingan, PT. CBS wajib melakukan perbaikan melalui Dana Corporate Social Responsibiliy (CSR). Namun dalam hal ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Polsekta Kecamatan Maje untuk mencari solusi lebih lanjut, kata Pedi.

Pada hari yang sama, juga konfirmasi kepada Kadis PUPR Kabupaten Kaur, namun tidak dapat ditemui sedang Dinas Luar. Demikian juga saat di konfirmasi ke pihak Dinas Perizinan Satu Pintu oleh pihak yang membidanginya sedang tidak berada di tempat. (Samsudin)