oleh

Pembangunan Rabat Beton di Desa Trijaya Tahun 2019 Diduga Asal Jadi

-Kaur-43 views

Kaur, realitasterkini.com – Pembangunan Jalan Rabat Beton Desa Trijaya, Kecamatan Nassal, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu yang di kerjakan pada tahun 2019 lalu diduga dikerjakan asal jadi. Sehingga belum satu tahun selesai telah mengalami kerusakan. Hal itu disampaikan salah seorang warga setempat berinisial ZE (35) saat di jumpai realitasterkini.com di kediamannya, Kamis (20/08/20) lalu.

ZE mengatakan warga sangat kecewa terhadap Kades Desa Trijaya, Wahyudi sebagai Kuasa Pengguna Anggaran Dana Desa (DD) pada tahun 2019, karena pelaksanaan pembangunan Jalan Rabat Beton belum mencapai usia satu tahun telah berlubang pada hal yang melintasi jalan tersebut hanya kendaraan roda dua.

Menurutnya, saat dikerjakan jalan rabat beton tersebut tidak mengikuti speksifikasi atau gambar yang telah ditentukan. Mulai dari adukan semen, ketebalan pengecoran hingga tidak memakai batu, yang dipakai hanya pasir dan tanah liat, kata ZE.

Oleh sebab itu, ZE berharap agar pemerintah khususnya pihak dinas pemerintah terkait melakukan investigasi ke lokasi pembangunan rabat beton tersebut untuk melihat kondisi yang sebenarnya dan mengaudit kembali Dana Desa yang dikucurkan Kades Trijaya ke pembangunan tersebut karena diduga adanya pengurangan fisik atau volume pekerjaan pada waktu dikerjakan, harap ZE.

Berdasarkan informasi yang disampaikan sumber kompeten itu, realitasterkini.com melakukan peninjauan lokasi pembangunan dan ternyata, jalan Rabat Beton yang berukuran 100 M, dari ketentuan lebar jalan 2 M hanya 1,7 M, ketebalan pengecoran yang seharusnya 15-20 CM, ternyata pelaksanaannya hanya mencapai 10-12 CM. Atas temuan tersebut menguatkan bahwa pelaksanaan pembangunan Jalan Rabat Beton yang bersumber dari DD pada tahun 2019 lalu di Desa Trijaya, Kecamatan Nassal, diduga keras terjadi pengurangan fisik atau volume pekerjaan, sehingga ditenggarai munculnya marr’up dana. (Samsudin)