oleh

Desa Gunung Terang Gelar Musrenbangdes Pembangunan TA 2021

-Kaur-315 views

Kaur, realitasterkini.com – Pemerintahan Desa Gunung Terang, Kecamatan Kinal, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, gelar Musrenbangdes untuk perencanaan pembangunan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2021. Musrenbangdes tersebut dipimpin langsung Ketua BPD Desa Gunung Terang ‘Rislan’ di Balai Desa, Sabtu (29/08/20) lalu.

Musrenbangdes yang dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat setempat, juga dihadiri oleh Kades Gunung Terang ‘Taufik Efendy’ beserta perangkatnya, Babinkamtibmas, Pendamping desa dan Linmas desa.

Selaku pemandu acara saat itu yang di ketuai oleh ‘Rislan’ mengatakan, dalam Musrenbangdes ini seluruh peserta rapat diberi kesempatan untuk mengusulkan apa saja yang harus dibangun dilingkungan Desa Gunung Terang pada Tahun Anggaran 2021 tentang pembangunan lingkungan desa yang bersumber dari Dana Desa. Dan meskipun demikian kita selalu mengacu dalam aturan dan lebih mengutamakan aspek pembangunan yang mempunyai azas manfaat bagi masyarakat, Kata Ketua BPD.

Desa Gunung Terang Gelar Musrenbangdes Pembangunan TA 2021 2

Ketua BPD Desa Gunung Terang Rislan Saat Menyampaikan Kata Sambutan Musrenbangdes Dihadapan Peserta Rapat

Dalam kesempatan itu, Kades Gunung Terang Taufik Efendy Menyampaikan dihadapan peserta rapat agar semuanya mengusulkan apa saja item yang perlu di bangun pada tahun 2021, agar nantinya tepat sasaran dan dimasukan dalam perencanaan pembangunan desa sebagai acuan ke pemerintah kabupaten dan pusat, tandas Taufik.

Desa Gunung Terang Gelar Musrenbangdes Pembangunan TA 2021 3

Babinkamtibmas Radius Gea Tengah Menyampaikan Kata Sambutan Dihadapan Peserta Rapat Musrenbangdes Desa Gunung Terang

Disamping itu Pendamping Desa Sangkut. SH. Menyarankan Pada Peserta Rapat agar dalam pelaksanaan pembangunan desa, ditentukan oleh masyarakat desa itu sendiri, sebab untuk melaksanakan sebuah pembangunan harus mengedepankan azas manfaat yang berkesinambungan. “Dalam sebuah pembangunan bisa saja dilaksanakan Non Fisik. Salah satu contoh, Pengembangan Ekonomi Masyarakat melalu pengelolaan BUMDES, papar Sangkut.

Desa Gunung Terang Gelar Musrenbangdes Pembangunan TA 2021 4

Tokoh Masyarakat Yang Hadir Dalam Mengusung Perencanaan Pembangunan DD TA 2021

Atas kesempatan yang diberikan, salah satu dari peserta rapat Musrenbangdes Des ‘Rasman’ lebih menginginkan agar pembangunan DD tahun 2021, mengutamakan pelebaran jalan lingkungan. Akhirnya dalam debat pendapat yang cukup alot tersebut, muncullah sebuah kesepakatan rencana pembangunan desa Gunung Terang Pada TA 2021 antara lain, Penyelesaian Jalan Lapen menuju ke Air Kinal dengan volume lebih kurang 170 M, Pemasanga Beronjong Penahan Jembatan,
Penerangan Lampu Jalan Tenaga Surya, Peralatan PKK Desa, Siring Lingkungan Masjid dan Perbaikan Lapangan Bola Kaki. ( Samsudin/ ADV )