oleh

406 Hektare Hasil Kebun Plasma PT. MSS “Dituntut Petani”

-Seluma-198 views

Seluma, realitasterkini.com – Hasil Kebun Plasma seluas 406 hektare yang di kelola PT. Mutiara Sawit Seluma (MSS), sejak tahun 2015 hingga tahun 2020 ini, Warga Kecamatan Talo mendatangi pihak perusahaan untuk mempertanyakan hasil yang mereka terima yang hanya sekitar Rp. 150. 000,- per bulan. Hal itu terjadi saat dua kelompok Koperasi Plasma secara bersamaan mendatangi Kantor PT. MSS di Desa Air Melancar, Kecamatan Semidang Alas Markas, Kamis 22 – 10 – 2020 lalu.

Adapun yang hadir sebagai utusan warga dari Kecamatan Talo yang dikoordinir oleh Buyung Han, Baksir, dan Riadi bersama jajaran Pengurus dua Kelompok KSP Koperasi Plasma PT. MSS yang diketuai oleh Kades Lubuk Ngantungan Lisarwan beserta perangkatnya yang di dampingi oleh BABINSA setempat Herwan Toni.

406 Hektare Hasil Kebun Plasma PT. MSS "Dituntut Petani" 2

Pengurus Koperasi Plasma Duduk Bersama Humas PT. MSS

Berdasarkan pantauan awak media, warga Masyarakat Talo yang di pimpin Buyung Han mempertanyakan tentang penghasilan Kebun Plasma yang mereka miliki dan selama ini di kelola pihak PT. MSS, yang hanya Rp. 150.000 – Rp. 180.000,- per bulan.
“Kami warga Masyarakat Kecamatan Talo yang telah memiliki Kebun Plasma mempertanyakan hasil yang kami terima dari perusahaan yang hanya mencapai 150 – 180 ribu rupiah per bulan. Sedangkan gaji karyawan perusahaan PT. MSS mencapai 2,5 – 3 juta rupiah per bulan”, ujar Buyung Han.

Dialog masyarakat petani dengan Humas PT. MSS Jatmiko yang kurang kondusif, ketegangan dan adu mulut terjadi antara kedua belah pihak, karena Masyarakat Pemilik Kebun Plasma meminta agar pihak perusahaan transparansi atas hasil kebun yang mereka miliki.

“Kami mempertanyakan pihak perusahaan tentang hutang plasma yang tak kunjung selesai hingga saat ini, termasuk rincian hutang piutang Petani Plasma terhadap PT. MSS, agar Humas Jatmiko mengutarakan dan terbuka kepada masyarakat”, tanya warga sembari mempertanyakan Hutang sebesar 34 miliar tidak pernah lunas sejak tahun 2015 hingga tahun2020 ini.

406 Hektare Hasil Kebun Plasma PT. MSS "Dituntut Petani" 3

Warga Pemilik Kebun Plasma Yang Menuntut Hasil Kebun Kepada PT. MSS

Untuk diketahui kata warga, kebun plasma seluas 406 hektare, sampai sekarang tidak pernah transparan dan tidak pernah di sosialisasikan kepada warga yg punya plasma. Setidaknya pihak perusahaan memberikan selembaran rab serta rincian terhadap perorangan warga pemilik plasma, tandas warga yang dipimpin Buyung Han tersebut.

Atas ketegangan kedua belah pihak yang semakin memanas, dan pihak Humas PT. MSS juga tidak bisa memberikan sebuah solusi yang memuaskan warga plasma, akhirnya BABINSA Herwan Toni mengajak masyarakat untuk membubarkan diri dan suatu saat akan melakukan dialog kembali duduk bersama untuk mendapatkan keadilan dalam permasalahan kubun plasma warga tersebut, kata ujar Herwan. (Mukhsin/ADV)