oleh

Petugas PPS dan Hansip Bimtek Di Kantor Kecamatan Semidang Alas

Seluma, realitasterkini.com – Petugas PPS dan Hansip yang ada di Wilayah Kecamatan Semidang Alas dan Kecamatan Semidang Alas Maras Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Swep untuk menghadapi Pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Bimtek tersebut dipusatkan di Kantor Kecamatan Semidang Alas, pagi kamis 3/12/20.

Ketua Panwaslu Kecamatan Semidang Alas Amrullah, SE mengatakan, Bimtek dan swep ini dilakukan kepada seluruh petugas PPS dan Hansip yang bertugas pada saat pilkada serentak Rabu Minggu depan.

Hansip Yang Mengikuti Bimtek

“Bimtek ini dilakukan untuk persiapan petugas PPS dan Hansip saat menjalankan tugasnya pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak pada tanggal 9 Desember mendatang agar mereka yang bertugas pada hari itu benar-benar mematuhi protokol kesehatan baik petugas di TPS maupun masyarakat yang memberi hak pilihnya saat itu” tandas Amrullah.

Ia mengatakan, peserta Bimtek tersebut adalah petugas PPS dan Hansip yang ada di dua wilayah kecamatan yaitu, Kecamatan Semidang Alas dan Kecamatan Semidang Alas Maras, guna mengantisipasi penularan virus Corona sekaligus memutus mata rantai Covid-19, katanya.

Sementara itu, dr. Dona selaku petugas medis di wilayah setempat mengatakan, pihaknya selalu siap melayani masyarakat 2×24 jam. Dirinya menghimbau agar masyarakat selalu mengikuti protokol kesehatan membiasakan diri untuk Memakai Masker jika keluar rumah, sering mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindar dari kerumunan massa.

“Mari kita bersama-sama melawan virus corona dengan mentaati protokol kesehatan agar semua elemen masyarakat dapat terhindar dari Covid – 19, apalagi saat datang ke TPS untuk memberi hak pilihnya patuhi arahan dari petugas KPPS dan Hansip atau Linmas yang bertugas saat itu”, ujar Dona.

Dalam kesempatan itu, Camat Semidang Alas Zaidi menuturkan, dalam pelaksanaan Bimtek terhadap petugas PPS dan Hansip tidak serta Merta dilakukan. Melainkan secara bergiliran setiap desa agar tidak terjadi kerumunan massa.

“Meskipun Bimtek dipusatkan di kantor kecamatan Semidang Alas, namun pelaksanaannya secara bergiliran per desa agar terhindar dari kerumunan massa” tutur Zaidi.

Sebab, lanjut Zaidi untuk menyampaikan Bimtek khususnya dalam menghadapi pilkada serentak harus benar-benar difahami oleh masing-masing petugas. Oleh sebab itu para petugas tersebut dipanggil satu persatu secara bergiliran oleh nara sumber Bimbingan Teknis, tutup Zaidi. (Mukhsin)