oleh

Okti Fitriani : Saran Saya, Kepala Daerah Terpilih Segera Sampaikan RPJMD Ke Dewan Agar Dibahas Untuk Dijadikan Perda

Pewarta : Mukhsin
Seluma, Realitasterkini.com – Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Seluma Propinsi Bengkulu dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Senin (22/3/2021) kepada crew realitasterkini.com menyampaikan, RKPD disusun berdasarkan RPJMD Bupati dan Wakil Bupati terpilih, saran saya agar Bupati dan Wakil Bupati terpilih segera menyampaikan RPJMD nya ke DPRD agar segera dapat dibahas dan disahkan menjadi perda, itulah modal dasar dan landasan hukum penyusunan RKPD 2021.

“saya sarankan kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih agar segera menyampaikan RPJMD nya ke DPRD agar segera dapat dibahas dan disahkan menjadi Perda, itulah modal dasar dan landasan hukum penyusunan RKPD 2021,” saran Okti Fitriani ketua fraksi gerindra DPRD Seluma yang juga Alumni S2 Unib.

Baca juga : https://realitasterkini.com/2021/03/22/dalam-rangka-wujudkan-kabupaten-seluma-alap-pemkab-seluma-gelar-musyawarah-perencanaan-pembangunan-rkpd-2022/

Dilanjutkan olehnya, kepala Daerah mengajukan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah ( RPJMD ) untuk dibahas adalah paling lambat 40 hari setelah kepala daerah dan wakil kepala daerah dilantik, sementara pembahasan dan kesepakatan terhadap Ranwal RPJMD tersebut paling lambat 10 hari sejak ketua DPRD menerima Ranwal RPJMD dari kepala daerah dan wakil kepala daerah.

“paling lambat 40 hari setelah dilantik, kepala daerah dan wakil kepala daerah harus menyerahkan Ranwal RPJMDnya ke DPRD, sedangkan pembahasan dan kesepakatan Ranwal RPJMD itu sendiri paling lambat 10 hari setelah diterima oleh ketua DPRD,” tutur Okti Fitriani.

Tanpa Ranwal RPJMD itu, mau komat kamit bagaimanapun mengatakan Seluma Alap tetap tidak bisa dilaksanakan karena belum memiliki dasar hukum.

“kalau belum disahkannya RPJMD itu, mau komat kamit mengatakan Seluma Alap juga percuma, tetap tidak bisa dilaksanakan karena belum memiliki dasar hukum,” demikian tutup Okti Fitriani.