Kadis Dikbud Provinsi Bengkulu Tinjau Pelaksanaan Ujian Sekolah di SMKN 3 Kota Bengkulu

  • Whatsapp

Bengkulu, REALITASTERKINI.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Drs. Eri Yulian Hidayat, M.Pd berkunjung ke SMK Negeri 3 Kota Bengkulu. Kedatangan beliau bersama rombongan langsung disambut hangat oleh Kepala SMK Negeri 3 Kota Bengkulu, Rismaiti, S.Pd., M.TPd. Pada Rabu, (13/4/2022). Selain itu turut hadir juga pengawas SMK Negeri 3 Kota Bengkulu, Drs Suhendri.

Bacaan Lainnya

Dalam kunjungan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu untuk meninjau pelaksanaan pelaksanaan ujian sekolah kelas 12 di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu berbasis CBT online yang sedang berlangsung.

“Kalau menjawab ujian harus senyum. Biar nilainya juga senyum jangan terburu-buru.” sampai kadis di depan Siswa dan Siswi SMK N  Kota Bengkulu.

Setelah meninjau ke kelas-kelas, Drs. Eri Yulian Hidayat, M.Pd beserta rombongan masuk ke Ruang Laboratorium Komputer yang merupakan Ruang Server ujian. Di Ruangan tersebut, beliau bertemu dengan para panitia ujian sekolah. Beliau berdialog langsung dengan salah satu panitia ujian sekolah sekaligus teknisi ujian, Budi Riyanto, S.Kom., M.Pd.,Gr. Dalam dialognya, beliau menanyakan beberapa hal terkait ujian sekolah secara teknis.

“Untuk ujian sekolah ini pakai sistem online CBT pak” Ujar Budi Riyanto, S.Kom., M.Pd.,Gr.

Dalam ujian CBT ini, proktor ujian bisa memantau langsung siswa yang sedang ujian melalui komputer secara realtime. Beliau juga menanyakan bagaimana teknis pelaksanaan ujian dan kehadiran peserta ujian.

“Untuk ujian sekolah ini dibagi 2 sesi pak, dan alhamdulillah hadir semua siswa-siswinya” ujar M. Makmun Azhari, M.Pd.I selaku Waka Kurikulum SMK Negeri 3 Kota Bengkulu.

Kemudian Budi Riyanto, S.Kom., M.Pd.,Gr. menunjukkan pantauan pelaksanaan ujian secara realtime melalui sistem CBT ujian.

Seperti diketahui, SMK Negeri 3 Kota Bengkulu melaksanakan ujian sekolah mulai tanggal 11 April 2022 – 19 April 2022. Ujian sekolah tersebut diikuti oleh 514 siswa kelas yang terdiri dari berbagai program keahlian seperti Kuliner, Tata Busana, Tata Kecantikan dan Spa, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Seni Broadcasting dan Film.Ujian sekolah ini dilaksanakan dengan menggunakan sistem CBT online/daring.

Meskipun ujian dilaksanakan secara daring, siswa tetap datang ke sekolah sesuai dengan jadwal dan ruangan yang telah ditentukan. Ujian dilaksanakan dengan menggunakan smartphone masing-masing. Bagi siswa yang tidak memiliki smartphone atau memiliki kendala pada stabilitas jaringan internet yang digunakan, panitia ujian juga telah menyiapkan komputer dan laptop yang bisa digunakan siswa untuk mengikuti ujian.

Dalam ujian sekolah ini, SMK Negeri 3 Kota Bengkulu tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Panitia ujian sekolah telah menyiapkan hand sanitizer dan masker di setiap ruangan ujian. (Sz/Adv)

Pos terkait